30Ribu Jual Koran, Mbah Darmi Makan & Bayar Kosan

23 Apr 2021
Rp 70,000 Terkumpul
Rp 50,000,000 Target Donasi
Donatur 2 Orang
Sisa Hari 0 Hari Lagi

Informasi Penggalang Dana

Mandiri Bersama Akun Terverifikasi

Ada yang pernah bilang sama saya, "masak, hidup sendiri saja sampai gak bisa makan dan bayar kos-kosan" tutur mbah Darmi sedih.

Namanya Mbah Darmi 67 tahun. Nenek lansia yang tinggal di kos sederhana di Surabaya. Suami beliau telah meninggal dunia, sekarang beliau hidup sendiri dan bekerja sebagai penjual koran di Jl. Panjang Jiwo Surabaya.

Jika korannya terjual 20 eksemplar saja mbah Darmi bisa bernafas lega. Itu artinya beliau sudah bisa mengantongi Rp30.000. Itu pun beliau dapatkan dari jam 10 pagi - 04 sore.

Penghasilan beliau tak menentu, kadang sepi dan kadang juga ramai. Namun apapun kondisinya mbah Darmi tetap bersyukur dan menerima. Koran yang tak habis terjual dibawa pulang oleh mbah Darmi untuk dikilokan ke tengkulak.  

Sebelum menjadi penjual koran, mbah Darmi bekerja sebagai pembantu rumah tangga. Namun karena sering sakit akibat sering kelelahan dan pulang malam, mbah Darmiberhenti bekerja.

Mbah Darmi berganti profesi sebagai penjual koran sejak 1 tahun ini.
Keterbatasan ekonomi pernah membuat mbah Darmi menunggak biaya kos-kosan. Beruntung pemilik kos mau bersabar, dan memberi waktu untuk mbah Darmi agar bisa melunasinya.

 

Pak Wiyono (53) penjual balon keliling. Setiap pagi jam 4.30 beliau sudah berjalan berkeliling kampung untuk menjajakan balon mainannya hingga 11.30 siang. Dan berlanjut sore hari hingga jam 6.30 malam.

Pendapatannya gak pasti, bergantung dari ramainya anak-anak yang menginginkan balonnya. 

Beliau berasal dari Wonogiri, meninggalkan anak dan istri demi bisa bertahan dan menafkahi mereka di Desa. 
Meski begitu Mbah Darmi dan pak Wiyono tak putus asa, bagi mereka hidup adalah sebuah perjalanan. Dimana nanti pasti akan ada tempat pemberhentian, terpenting mereka tetap berupaya.

#Sahabat, Mbah Darmi hanyalah satu dari ratusan lansia dhuafa yang harus lanjutkan hidup di tengah kondisi yang tak mudah. Yuk dalam bulan yang suci ini, bantu Mbah Darmi dan lansia lainnya dengan memberikan paket lebaran untuk mereka! 

Bersama Yatim Mandiri , kamu bisa bantu berbagi kebahagiaan untuk lansia dhuafa dengan cara: 

  1. Klik tombol "DONASI SEKARANG"

  2. Isi nominal donasi yang ingin diberikan

  3. Pilih metode pembayaran GO-PAY/Mandiri/BCA/BNI/BNI Syariah/BRI dan kartu kredit

  4. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan pembayaran

    Tak hanya itu, bagikan juga halaman galang dana ini, agar semakin banyak yang ikut membantu. Terima kasih #Sahabat!

Donatur

  • Anonim28 Apr 2021
    Rp 20,000
  • Anonim26 Apr 2021
    Rp 50,000